FOTO KETUA PN

HARI SUPRIYANTO, S.H.,M.H.
NIP. 19711204 200003 1 002

Sejarah PN
Share This Articel on :

SEJARAH PENGADILAN NEGERI TANJUNGPANDAN

Tanjungpandan merupakan ibu kota Kabupaten Belitung yang terletak dibagian timur Pulau Sumatera dan berada disebuah pulau bernama Belitung. Pulau Belitung pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda memiliki lembaga peradilan bernama landraad. Landraad di Belitung seperti landraad pada umumnya berwenang mengadili perkara pidana dan perkara perdata bagi golongan bumiputra dan timur asing. Hukum acara pada peradilan tersebut menggunakan Rechtsreglement Voor De Buitengeswesten (RBg) sebagaimana ditetapkan dalam Stb. Nomor 227 tahun 1927 yang berlaku diseluruh wilayah Indonesia, kecuali Jawa dan Madura (Herzien Inlandsch Reglement / HIR).

Gedung Landraad saat ini digunakan sebagai Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung

Setelah Indonesia berhasil meraih kemerdekaan yakni 17 Agustus 1945, lembaga peradilan di Belitung berada di Pulau Bangka dengan nama Pengadilan Negeri Bangka Belitung. Pada tahun 1964 Pengadilan Negeri Bangka Belitung melaksanakan persidangan di Tanjungpandan dalam bentuk Zetting Plaat dengan mengirimkan hakim dan pegawai setiap ada jadwal persidangan. Selanjutnya, pada tahun 1965 Pengadilan Negeri Tanjungpandan terbentuk dengan wilayah hukum Kabupaten Belitung dan berada pada wilayah pengawasan Pengadilan Tinggi Palembang. Pada awal berdirinya, Pengadilan Negeri Tanjungpandan menempati gedung sementara dengan fasilitas yang terbatas.

Gedung Sementara Pengadilan Negeri Tanjungpandan

Selanjutnya pada tanggal 2 Januari 1970, Pengadilan Negeri Tanjungpandan memperoleh gedung baru yang dibangun berdasarkan APBN dan sampai saat ini ditempati yang terletak di Jl. Sriwijaya No.1, Tanjungpandan, Belitung. Gedung ini telah beberapa kali mengalami penambahan bangunan dan perbaikan untuk memenuhi kebutuhan ruangan hakim dan pegawai.

Gedung Pengadilan Negeri Tanjungpandan saat ini

Kabupaten Belitung pada tahun 2003 membentuk kabupaten baru bernama kabupaten Belitung Timur sehingga Pengadilan Negeri Tanjungpandan memiliki 2 (dua) wilayah hukum yakni Kabupaten Belitung beribukota Tanjungpandan dan Kabupaten Belitung Timur beribukota Manggar. Selain itu, terjadinya pemekaran provinsi mempengaruhi terbentuknya Pengadilan Tinggi Bangka Belitung pada tahun 2004 yang membawahi Pengadilan Negeri Pangkal Pinang, Pengadilan Negeri Sungai Liat dan Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Selama terbentuk Pengadilan Negeri Tanjungpandan telah mengalami beberapa kali pergantian Ketua Pengadilan Negeri yang urutannya sampai dengan saat ini sebagai berikut :

1. Wirang Atmadireja, S.H.
2. Hj. Siti Kamari Soebari, S.H.
3. Yustin Sirait, S.H.
4. Achmad Fikri, S.H.
5. Tarbin, S.H.
6. Lambas Karo-karo, S.H.
7. Damsuri Nuntjik, S.H.
8. Joko Siswanto, S.H.
9. Yusran Thawab, S.H.
10. H. Husin Thamher, S.H.
11. Hery Setyobudi, S.H.
12. Sutaji, S.H., M.H.
13. Sihol Boang Manalu, S.H., M.H.
14. Sefwitson, S.H., M.H.
15. Ronald Salnofri Bya, S.H., M.H.

Disusun atas prakarsa Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, bpk. Ronald Salnofri Bya, S.H., M.H. dengan menunjuk Tim Penelusuran Sejarah Pengadilan Negeri Tanjungpandan berdasarkan SK KPN Nomor : W.7.U3/19/Kp.11.01/VII/2015 yang terdiri dari:

1. A. Roni Ibrahim
2. Dr. Riki Perdana Raya Waruwu, S.H., M.H.
3. Egi Desika, S.H.
4. Yayan.

Untuk penyempurnaan materi sejarah ini, kami menerima saran dan kritik yang bisa disampaikan melalui email pntanjungpandan@yahoo.co.id dan Telp. (0719) 21060

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website Pengadilan Negeri Tanjungpandan?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus
Buruk

HASIL POLLING
AGENDA PN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 67008 kali